Selasa, 27 September 2022

Polisi Amankan Motor Tanpa Dokumen, Minta Warga Batam Cek ke Polsek

Baca Juga

Curi Motor
Ilustrasi pencurian motor

batampos – Polsek Seibeduk ungkap sejumlah jaringan pencurian sepeda motor belum lama ini. Dari para pelaku polisi amankan beberapa sepeda motor yang tidak dilengkapi dokumen. Sepeda motor bodong ini diduga hasil curian yang belum ada laporan kepolisian.

Kepada masyarakat yang merasa kehilangan sepeda motor bisa mengecek ke Polsek Seibeduk. Jenis sepeda motor yang belum diketahui pemiliknya ini adalah Yamaha Vega dan Jupiter. “Boleh datang cek karena nomor rangka dan mesin masih ada. Bawakan bukti kepemilikan sepeda motornya,” ujar Kapolsek Seibeduk AKP Betty Novia.

Kepada masyarakat umum lainnya Betty juga menghimbau untuk kembali memperketat keamanan lingkungan, rumah, dan anggota keluarga termasuk barang berharga lainnya serta kendaraan bersepeda motor.

“Selalu waspada dan kunci stang serta kunci ganda agar tidak memudahkan pelaku pencurian mengambil sepeda motor. Usahakan parkir di tempat yang aman dan terawasi,” imbau Betty.

Salah satu kompolotan curanmor yang dibekuk Polsek Seibeduk adalah kompolotan Fy dan Mt. Dua spesialis begal dan pencurian terakhir mencuri dua unit sepeda motor warga Seibeduk dalam kurun waktu dua hari. Keduanya baru bebas dari penjara pada bulan Juli lalu.

Kedua pemuda yang berusia 21 tahun ini tergolong lihai dengan aksi pencurian sepeda motor. Dua sepeda motor Yamaha Vega dan Suzuki Satria Fu yang dicurinya tidak memakan waktu yang lama untuk dibobol. Hanya butuh waktu tidak sampai satu menit meskipun situasi di sekitarnya cukup ramai.

Pertama mereka berhasil bobol sepeda motor Yamaha Vega yang parkir di depan rumah di kelurahan Mangsang. Mereka rela dorong sepeda motor tersebut sampai ke Sagulung. Hari berikutnya beraksi lagi di kawasan yang sama dan berhasil hawa pulang Satria Fu milik warga yang parkir depan rumahnya.

Meskipun lihai dengan aksi pencurian, keduanya kurang pandai dengan cara menjual kembali sepeda motor tersebut. Keduanya posting sepeda motor tersebut di media sosial sehingga dengan muda tercium polisi.

Melalui teknik under cover buy atau penyamaran, jajaran Polsek Seibeduk berhasil membujuk keduanya untuk CoD di wilayah Sagulung. Keduanya diciduk bersama SM, rekan mereka yang melakukan posting ke media sosial tadi. Ketiganya tak berkutik sebab sepeda motor yang akan mereka jual ada laporan kehilangan di Mapolsek Seibeduk. (*)

 

Reporter: Eusebius Sara

Update