Minggu, 14 Agustus 2022

Pencuri Motor Targetkan Perumahan dan Kosan, Warga Diminta waspada

Baca Juga

Curi Motor
Ilustrasi pencurian motor

batampos – Aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) kembali marak. Pelaku kerap beraksi pada malam hari dan mengincar motor yang terparkir di depan rumah.

Kanit Reskrim Bengkong, Iptu Rio Ardian mengatakan dari laporan dan pemeriksaan, pelaku pencurian tersebut mengincar motor di perumahan dan kos-kosan.

“Biasanya itu terjadi (pencurian) di kos-kosan, seperti yang tidak ada pagarnya. Motor diparkir di depan sehingga pelaku mempunyai kesempatan mengambilnya,” ujar Rio.

Rio menjelaskan selain kos-kosan, pencuri motor tersebut juga mengincar perumahan yang minim penjagaan atau pengamanan. Seperti tidak dijaga sekuriti dan tidak terpantau CCTv.

“Dan pelaku itu sebelum beraksi memantau dulu. Kondisi dan situasi di sekitar gimana,” katanya.

Menurut Rio, pencegahan pencurian motor ini dibutuhkan kerjasama dan kesadaran masyarakat. Ia meminta pemilik motor untuk meningkatkan pengamanan pada kendaraannya.

“Kalau pelaku melihat ada kesempatan, jadi diambil. Maka harus digunakan kunci ganda atau gembok,” ungkapnya.

Rio mengaku imbauan peningkatan pengamanan pada motor tersebut sudah rutin dilakukan pihaknya di beberapa perumahan. Selain itu, pihaknya melakukan patroli rutin pada malam hari.

“Patroli malam hari selalu jalan. Kita pasang juga spanduk imbauan kepada masyarakat untuk memasang kunci ganda pada motor,” tutupnya.

Diketahui, aksi pencurian motor kembali terjadi. Terakhir, motor milik anggota DPRD

Kota Batam, Tumbur Hutasoit hilang dibawa kabur malung. Motor Honda Genio tersebut raib saat diparkiran di depan rumahnya di Perumaha Pemda II, Batuaji. (*)

 

 

Reporter: YOFI YUHENDRI

Update