Rabu, 7 Desember 2022

Masyarakat Diminta Aktifkan Siskamling

Baca Juga

pos siskamling
Ilustrasi. Analisis Kebijakan Madya Bid Binmas Baharkam Polri, Kombes Zuhdi dan didampingi Kapolsek Lubukbaja, Kompol Budi Hartono, melakukan kunjungan ke pos Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) di Komplek Windsor Square RT.01/RW.03 beberapa waktu lalu. Foto: Budi untuk Batam Pos

batampos – Jajaran Polsek Batuampar melakukan sosialisasi pencegahan pencurian motor, Senin (21/11/2022). Serta meminta masyarakat untuk kembali mengaktifkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling).

Kapolsek Batuampar, Kompol Salahuddin, mengatakan, saat ini tindak pidana curanmor tengah marak di wilayah hukumnya. Untuk itu, ia meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

“Kami imbau agar semua ikut berperan menjaga keamanan dan yang terpenting selalu waspada,” ujarnya.

Baca Juga: Polsek KKP Sidak Pelabuhan Bongkar Muat di Sekupang

Dalam sosialisasi itu, masyarakat diminta untuk meningkatkan pengamanan kunci atau lokasi penyimpanan kendaraan, khususnya sepeda motor.

“Dengan lokasi penyimpanan kendaraan yang lebih aman, akan mempersempit ruang gerak para pelaku curanmor,” katanya.

Salahuddin menambahkan, ia juga mengerahkan personel Bhabinkamtibmas dan Batara Biru untuk rutin melakukan patroli pada malam hari. Serta meminta masyaraky untuk mengaktifkan kegiatan siskamling.

Baca Juga: Wali Kota Batam Bantah Tudingan Umrah Bersama FKPD Menggunakan APBD

“Dengan adanya kehadiran patroli atau Bhabinkamtibmas ditengah masyarakat, terutama dijam rawan terjadinya aksi pencurian, dapat menekan ruang gerak para pelaku,” ungkapnya.

Sementara, Kapolsek Lubukbaja, Kompol Budi Hartono, meminta kepada seluruh Camat, Lurah, Ketua RW dan RT untuk mengaktifkan kembali Pos Kamling. Tujuannya untuk menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masing-masing.

“Segera mengaktifkan kembali Pos Kamling dan aktif melakukan pengawasan di lingkunganya masing-masing guna mengetahui kondisi warganya,” katanya.

Baca Juga: Jadwal KM Kelud Tujuan Batam-Medan-Jakarta Desember 2022

Menurut Budi, dengan diaktifkan Pos Kamling, maka camat, Lurah hingga ke RT bisa mengidentifikasi orang atau warga baru yg masuk dan tinggal di lingkungan tersebut. Serta lebih mudah melakukan pengawasan dan meminalisir tindak kejahatan.

“Siapa yang masuk ke kawasan akan diketahui. Jika ada yang mencurigakan, segera laporkan kepada kita,” tutup Budi.(*)

Reporter: Yofi Yuhendri

Update