Minggu, 14 Agustus 2022

Nakes di Batam Mulai Vaksinasi Booster Kedua

Baca Juga

WhatsApp Image 2022 08 05 at 13.33.05 e1659690719141
Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari melaksanakan vaksinasi Booster dosis kedua di Puskesmas Tiban Baru.

batampos – Vaksinasi Covid-19 dosis keempat atau booster kedua di Kota Batam dimulai hari ini, Jumat (5/8). Vaksinasi keempat menyasar kelompok prioritas tenaga kesehatan. Ini penting mengingat peran tenaga kesehatan menjadi garda terdepan penanganan pandemi Covid-19.

Plh Dinas Kesehatan Kota Batam, Heriman Aka mengatakan secara nasional pemberian vaksin booster kedua untuk nakes sudah dimulai 29 Juli 2022 lalu. Di Batam baru dilaksanakan Jumat (5/8). Pencanangan vaksin booster nakes dilaksanakan di Puskesmas Tiban Baru, Sekupang.

“Kita prioritaskan vaksin booster kedua untuk nakes di Batam yang baru bisa terlaksana hari ini,” ujar Heriman, disela pencanangan vaksin booster nakes kedua di Puskesmas Tiban Baru, Jumat (5/8).

Heriman menjelaskan, nakes di Batam berjumlah 8.513 orang secara bertahap mendapatkan vaksin booster kedua. Pihaknya menargetkan hingga akhir Agustus 2022 telah terdistribusi.

“Terget kita 8.513 nakes selesai akhis Agustus ini, dengan rata-rata pemberian booster 300 orang per hari,” ujar Heriman yang menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Pemko Batam.

Menurut Dia, vaksin booster jenis Moderna untuk nakes yang tersedia di Batam saat ini sebanyak 5.600 dosis. Namun hal tersebut tidak menjadi permasalahan, pihak bisa mengajukan penambahan ke provinsi.

“Vaksin booster prinsipnya tidak ada masalah, apabila kekurangan akan kita minta penambahan ke provinsi,” jelasnya.

Pada pencanangan pemberian vaksin booster di Puskesmas Tiban Baru diikuti sekitar 150 orang nakes yang terdiri dari seluruh perwakilan 21 puskesmas di Kota Batam.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Batam, Melda Sari menambahkan, pemberian vaksin booster dosis kedua untuk nakes di Batam dilakukan secara bertahap.

“Pemberian vaksinya nanti bertahap diseluruh Puskesmas, RSUD dan RS BP Batam, kita berharap Agustus 2022  ini Nakes selesai divaksin,” ungkap Melda Sari. (*)

 

 

Reporter : Rengga Yuliandra

Update