Minggu, 14 Agustus 2022

Puluhan Emak-Emak Geruduk Kantor Lurah Belian, Pertanyakan SK Pengangkatan RW Perumahan Marbella, Batam Center

Baca Juga

236f64bb 01bb 49aa 8a0e e1b371c57b6e e1659685290322
Puluhan ibu-ibu warga Perumahan Marbella Residence Batam Center mendatangi Kantor Lurah Belian

batampos- Puluhan ibu-ibu warga Perumahan Marbella Residence Batam Center mendatangi Kantor Lurah Belian di lingkungan perumahan Cendana, Kamis (4/8) siang.

Mereka ingin menemui Lurah Belian Farhan, menanyakan langsung soal SK RW yang tak kunjung dikeluarkan, padahal pemilihan sudah digelar dan dinyatakan pemenangnya adalah calon nomor urut 1 Dunya Harun.

Sebaliknya, puluhan ibu-ibu ini mempertanyakan keputusan pihak Kelurahan Belian yang justru mengeluarkan SK calon RW untuk calon RW Perumahan Marbella Residence dari nomor urut 2 Ferizal.

Salah satu warga yang ikut hadir di Kantor Lurah Belian, Citra, menerangkan tak habis pikir pihak Kelurahan Belian bisa menerbitkan SK untuk calon yang notabene kalah telah di pemilihan langsung calon Ketua RW di Marbella Residence.

BACA JUGA: Warga Tanjunguncang Serbu Kantor Lurah

“Apa dasarnya pihak Kelurahan mengeluarkan SK justu kepada pihak yang kalah dalam pemilihan langsung calon Ketua RW Perumahan Marbella Residence. Kalau dasarnya mereka menggunakan Perwako Nomor 22 Tahun 2020 di pasal 29 yang menyebutkan kalau sudah dua kali menjabat Ketua RW, tak boleh lagi mencalonkan diri. Itu Perwako kan keluarnya Tahun 2020. Aturan Perwako itu tak boleh berlaku surut, itu SK dari Kelurahan Belian salah alamat. Aturan Perwako itu ingat, tidak berlaku surut ya,” terang Citra.

Padahal saat pemilihan dan penghitungan suara pada bulan Juli lalu, lanjutnya, panitia pemilihan sudah mengumumkan dan memutuskan pemenangnyanya adalah Dunya Harun calon nomor 1 dengan perolehan suara sebanyak 28, sedangkan calon nomor 2 atas nama Ferizal mendapatkan suara sebanyak 12, dan calon nomor 3 mendapatkan 10 suara.

“Saat diumumkan pemenangnya, semua calon menyatakan diri menerima, dan menandatangani suratnya menyatakan diri menerima kekalahan dan mengakui pemenangnya nomor urut 1. Bahkan pemilihan disaksikan langsung Lurah Belian Farhan,” terangnya.

Pasangan nomor urut 1 SK-nya tak dikeluarkan, karena menurut Citra, pihak kelurahan beralasan ada pihak dari calon nomor urut 2 yang kebaratan atas hasil kemenangan calon Ketua RW nomor urut 1.

“Kami ini warga sudah transparan dalam menjalankan demokrasi, ini justru dirusak oleh pihak-pihak tak bertanggungjawab, apalagi dari pihak kelurahan. Kalau seperti itu, mending tak usah ada pemilihan, lurah tunjuk aja langsung siapa orang yang berhak menjadi Ketua RW di Perumahan Marbella Residence,” ujarnya.

Kalau SK oleh pihak Kelurahan Belian tetap dipaksakan jatuh kepada pasangan nomor urut 2, warga menyatakan diri akan membuat aksi yang lebih bergejolak lagi, dan tak pernah mau mengakui SK yang memenangkan pasangan nomor 2.

Tuntutan warga yang diminta sendiri, ada beberapa seperti, tak mau menerima pengangkatan calon nomor urut 2 Ferizal selaku Ketua RW Marbella Residence yang baru, karena di nilai cacat hukum. Berikutnya warga menganggap Lurah Belian tak cakap dalam menterjemahkan dan menegakkan aturan Perwako sendiri. Poin berikutnya meminta Lurah Belian membatalkan SK pengangkatan Ferizal selaku Ketua RW 039 Perumahan Marbella Residence.

“Kami juga meminta Lurah Belian segera mengangkat calon nomor urut 1 Dunya Harun, sebagai Ketua RW 039 hasil pemilihan langsung yang disaksikan semua warga, panitia pemilihan dan juga Lurah Belian. Terakhir kami minta kepada Wali Kota Batam untuk mengambil tindakan admnistrasi kepada Lurah Belian yang kami nilai tak cakap dalam menterjemahkan Perwako,” ujarnya mengakhiri. (*)

reporter: Galih

Update