Selasa, 27 September 2022

Meresahkan, Pencurian Kabel PJU Akan Ditelusuri

Baca Juga

PJU lampu jalan
Ilustrasi. Aksi pencurian fasilitas umum di Kota Batam semakin marak. Terbaru kabel incoming milik PLN yang mengakibatkan 30an tiang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di sejumlah jalan protokol padam. Foto: Istimewa untuk Batam Pos

batampos – Pencurian peralatan fasilitas umum semakin marak di jalan raya. Kabel untuk lampu penerangan jalan umum (PJU) juga dicuri. Ini terjadi di wilayah Bukit Daeng dan Puteri Hijau, Sagulung. Kabel penerangan jalan dipotong oleh orang yang tak bertanggungjawab dan imbasnya lampu PJU padam.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Yumasnur menuturkan, aksi pencurian terjadi belum lama ini sebab sebelumnya sudah ada perbaikan lampu PJU yang sempat padam dari Mukakuning hingga Batuaji. Kini kembali bermasalah sebab kabelnya dicuri.

“Kemarin akibat pencurian di bukit Daeng sebanyak 35 tiang mati. Sekarang menuju Putri Hijau kabel yang dirusak berada di tiang nomor 24,” kata Yumasnur.

Kapolsek Sagulung Iptu Nyoman Ananta Mahendra saat dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan pencurian tersebut. Namun untuk merespon kepentingan umum pihaknya melakukan pengecekan di lapangan. “Tetap akan kami cek. Laporan belum ada,” ujar Nyoman.

Sebelumnya Yumasnur menuturkan, kasus pengrusakan dan pencurian ini terus berulang. Bahkan dalam satu bulan kejadian berulang 5-7 kali. Aksi pencurian ini terjadi di titik-titik yang sama lebih dari satu kali.

“Kalau padam kami langsung turun, tapi tidak berselang lama, pasti dicuri kembali. Kejadian ini sangat meresahkan dan merugikan. Jadi petugas kerjanya memperbaiki akibat pencurian tersebut,” jelasnya.

Ia mengakui belakangan ini pencurian terhadap kabel PJU sering terjadi, dan pihaknya mengaku kesulitan untuk mencari tahu pelaku pencurian. Hal ini karena tindakan pencurian dilakukan di malam hari. Sehingga petugas hanya mendapati ketika kabel sudah diputus.

“Luar biasa memang pencurian ini. Kami jadi setiap minggu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan pemotongan kabel oleh pelaku,” ujar Yumasnur.

Ia menyebutkan beberapa titik PJU yang rawan terjadi pencurian berulang di antaranya Bukit Daeng, area Batamcenter, Sekupang dan titik lainnya. Ia mengungkapkan hampir semua titik PJU sudah menjadi aksi tindakan kejahatan pencurian.

“Yang bisa kami lakukan adalah memperbaiki secepat mungkin. Agar pengguna jalan tidak kesulitan melintas. Karena ini menyangkut keselamatan pengguna jalan juga,” tambahnya. (*)

 

Reporter : Eusebius Sara

Update