Rabu, 7 Desember 2022

Kata Warga Batam Mengenai Bundaran Simpang Basecamp dan Barelang

Baca Juga

simpang basecamp
Arus lalu lintas di Simpang Basecamp, Kota Batam. Masyarakat berharap agar proyek penataan persimpangan jalan tersebut dikerjakan hingga rampung seperti yang direncanakan yakni ada bundaran dan tugu air mancur di tengahnya. Foto: Messa Haris/Batam Pos

batampos – Rencana Pemko Batam melanjutkan pembangunan bundaran Simpang Basecamp dan Barelang sangat dinanti-nantikan masyarakat di Batuaji dan Sagulung.

Masyarakat berharap agar proyek penataan persimpangan jalan tersebut dikerjakan hingga rampung seperti yang direncanakan yakni ada bundaran dan tugu air mancur di tengahnya.

Dua persimpangan ini merupakan lokasi strategis sehingga diharapkan tertata dengan baik demi estetika wajah perkotaan layaknya di Batamcenter dan Nagoya.

Baca Juga: PHRI Fest 2022 Resmi Dibuka, Luki: Ini Pasti Menjadi Daya Tarik Bagi Wisatawan

“Sudah mau akhir tahun, tapi pengerjaan (proyek bundaran Basecamp dan Simpang Barelang) masih seputar pelebaran jalan. Bundarannya belum ditata,” ujar Nasrul, warga Batuaji.

Disebutkan warga semenjak dua persimpangan tersebut ditata, perwajahan di Batuaji dan Sagulung mulai tampak lebih baik. Arus lalulintas juga mulai berjalan lancar.

Simpang Barelang misalkan sudah mengurangi tingkat kemacetan di jam sibuk sebab ruas jalan telah dilebarkan. Bundaran dan tugu air mancur dinantikan masyarakat agar persimpangan itu lebih indah lagi.

Baca Juga: 10 Hotel di Batam Buka Lowongan Kerja

“Pemerintah berencana menghidupkan sektor pariwisata. Proyek ini sejalan sebab bisa meningkatkan minat wisatawan ke Barelang ataupun ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai tujuan wisata religi di Batam. Rampungkan proyek ini biar lebih bagus lagi Batuaji ini kedepannya,” ujar Ahar, warga lainnya.

Wali kota Batam Muhammad Rudi, sudah memastikan proyek penataan simpang Barelang dan Basecamp akan terus berjalan tahun ini. Bundaran dan tugu air mancur di tengah persimpangan akan segera dibangun.

Baca Juga: Residivis Curi 3 Unit Motor Dealer di Bengkong

“Tetap itu. Kan lagi berjalan dengan pelebaran bahu jalan. Itu akan dilanjutkan lagi sampai rampung,” ujar Rudi di Batuaji, belum lama ini.

Proyek penataan simpang Barelang dan simpang Basecamp sejalan dengan pelebaran ruas jalan. Sisi luar jalan di persimpangan itu semuanya dilebarkan.

Pelebaran masih terus berlanjut hingga saat ini. Simpang Basecamp, pelebaran juga dilanjutkan ke jalan Brigjen Katamso. Jalan menuju kawasan industri galangan kapal itu akan dijadikan jalan lima lajur hingga depan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah dari simpang Basecamp.

Baca Juga: Penyebaran Covid-19 Sub Varian XBB Berpusat di Batam

Proyek penataan persimpangan ini rencananya juga termasuk dengan pembangunan bundaran dan tugu air mancur di tengah bundaran.

Namun itu belum kesampaian sebab pekerjaan saat ini masih fokus dengan pelebaran ruas jalan. Jika semuanya rampung maka dua persimpangan itu tampak lebih luas dan menawan dengan tugu air mancur di tengah bundaran.(*)

Reporter: Eusebius Sara

Update