Selasa, 27 September 2022

Siswa SD Negeri di Batam Belajar di Lantai, Kepsek: Sudah Tiga Bulan

Baca Juga

sdn 004 belajar di lantai
Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Tanjunguma, Kota Batam, belajar di lantai akibat kekurangan kursi dan meja. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) 004 Tanjunguma, Kota Batam, belajar di lantai akibat kekurangan kursi dan meja.

Kepala Sekolah, SDN 004 Tanjunguma, Raudah, mengatakan kondisi siswa yang belajar di lantai sudah berlangsung sejak bulan Juli atau masuknya tahun ajaran baru 2022/2023.

“Sudah tiga bulan ini. Bukan tidak ada (kursi dan meja). Ada kursi, tapi belum siap,” ujar Raudah, Kamis (22/9/2022).

Raudah menjelaskan, kurangnya fasilitas belajar siswa disekolah tersebut berawal saat penempatan gedung baru pada Februari 2020. Awalnya, sekolah memiliki 5 kelas, namun dengan pembangunan gedung baru menjadi 7 kelas.

Kemudian, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2021 Dilakukan penambahan siswa, yakni dari 2 rombongan belajar (rombel) 2 menjadi 3 rombel.

“Pendaftaran membludak, termasuk tahun 2022. Kita mau menerima 2 rombel saja, tapi siswa yang daftar banyak usia mereka sudah wajib belajar,” katanya.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Gesa Pendistribusian Kursi dan Meja ke SD Negeri 004 Lubukbaja

Raudah menjelaskan, awal penempatan gedung baru, tidak ada permasalahan meja dan kursi untuk siswa tersebut. Sebab, saat itu siswa belajar daring.

“Setelah itu kita per kelas hanya memakai 20 kursi saja, karena harus jaga jarak. Jadi sekarang mulai efektif pembelajaran, jadi kosong (kursi dan meja) 2 kelas,” ungkapnya.

Raudah mengaku kekurangan kursi dan meja tersebut sudah disampaikan ke Dinas Pendidikan Kota Batam sejak bulan Juli. Kemudian dilakukan pemesanan sebanyak 80 unit.

“Rencananya malam ini kursi dan meja sudah selesai dan diantarkan ke sekolah,” katanya.

SDN 004 Tanjunguma saat ini menampung 721 siswa atau 18 rombel. Sekolah ini menerapkan 2 shift sistem tatap muka pada pagi dan sore hari.

“Selama ini tidak ada kendala, cuma itu saja (kursi dan meja). Bahkan siswa kita banyak yang berprestasi,” tutupnya.

Reporter: Yofi Yuhendri

Update