Jumat, 19 April 2024

Hasil Sementara Pemilu 2024 DPRD Batam; Gerindra Pimpin Suara Terbanyak, Nasdem dan PDI-P Bersaing Ketat

pemilu 2024
Warga menyalurkan hak pilihnya di TPS Sintai, Telukpandan, Tanjung-uncang, Batuaji, Rabu (14/2). (F. Dalil Harahap/Batam Pos)

batampos – Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif telah dilaksanakan pada Rabu, 14 Februari 2024 lalu. Sampai saat ini, rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu Calon Legislatif (Caleg) masih tengah berlangsung di tingkat kecamatan (PPK).

Berdasarkan real count KPU dikutip dari pemilu2024.kpu.go.id Minggu, 18 Februari pukul 13.10 WIB, terdapat lima partai yang bersaing ketat diposisi teratas dari 3.241 TPS di Kota Batam.

Posisi pertama ada Partai Gerindra dengan perolehan 4.567 suara. Selanjutnya ada Partai Nasdem di posisi kedua dengan 3.705 suara, PDI Perjuangan dengan 3.106 suara, PKS dengan 2.818 suara dan terakhir Partai Golkar dengan 2.763 suara.

Posisi ini masih bisa berubah-ubah mengingat suara masuk baru 24,59 persen atau 797 TPS dari 3.241 TPS di Kota Batam.

Ketua DPC Gerindra Kota Batam, Nyanyang Haris Pratamura mengatakan, enam kursi sebagaimana perolehan Pemilu 2019 lalu sudah terkunci. Dan untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Batam 1, Batam 5 dan Batam 6 berpotensi besar mendapat dua kursi.

“Alhamdulillah potensi 9 kursi di DPRD Batam sangat besar, sesuai target kami untuk mendapatkan posisi Ketua DPRD kota Batam, ” ujar Nyanyang, Minggu (18/2).

Disebutnya, capaian suara Partai Gerindra di Pemilu legislatif 2024 Kota Batam juga sangat besar dibandingkan tahun 2019 lalu. Dimana penyebaran suara hampir merata tinggi di semua daerah pemilihan. Bahkan tertinggi dibandingkan parpol lain.

Berdasarkan data di website pemilu2024.kpu.go.id, posisi teratas Batam 1 masih diduduki Partai Gerindra.Kondisi serupa juga terlihat di Dapil Batam 5 yang tetap kokoh di posisi atas. Sementara di Batam 6 posisi teratas menjadi milik NasDem.

“Untuk angka pastinya kita masih nunggu rekapitulasi internal. Mengenai pengawasan di setiap PPK, kami juga sudah siapkan saksi yang bertugas di setiap kecamatan,” ucapnya.

Ketua DPD PAN Batam, Safari Ramadhan mengatakan, lima kursi DPRD Kota Batam seperti Pemilu 2019 lalu akan tetap dipertahankan pada pemilu 2024. Adapun tiga kursi yang sudah mulai nampak seperti di Dapil Batam 5, Batam 1 dan Batam 6.

“Insyallah, yang sudah nampak itu di Batuaji, Sekupang dan Batam Kota. Untuk Sagulung, Sungai Beduk serta Bengkong Baru Ampar kita masih tunggu hasil perekapan, ” ujarnya.

Safari menyebutkan meskipun di awal pihaknya menargetkan satu kursi di setiap Dapil, namun 5 kursi seperti pemilu 2019 lalu bukanlah sebuah hal yang mustahil. “Minimal satu fraksi di DPRD atau 5 kursi kita tetap optimis.Selain itu kami juga masih terus kawal perhitungan suara di kecamatan, ” tambahnya.

Ketua DPC PKB Batam Surya Makmur Nasution mengatakan, pihaknya masih menginput data suara yang masuk. Diprediksi beberapa Dapil berpotensi mendapat kursi DPRD Batam seperti Sagulung, Sekupang dan Dapil Batam 1 Batam Kota.

“Sagulung sudah masuk dan lumayan besar suara yang kita dapatkan. Begitu juga Dapil Sekupang-Belakang Padang dan alhamdulillah juga berpotensi dapat satu kursi, termasuk juga Dapil Batam Kota yang sudah jelas suaranya, ” ujar Surya.

Sementara itu untuk Dapil lain seperti Batam 3 atau yang berada di pulau-pulau masih proses penginputan data. “Begitu juga di Bengkong dan Batu Ampar saya minta segera dimasukan datanya, agar bisa segera diketahui, ” ucap Surya.

Ia menambahkan, di Pemilu 2024 suara PKB juga akan naik dibanding pemilu 2019 lalu. Dimana beberapa Dapil berpotensi meraih satu kursi. “Bahkan ri Sagulung misalnya dari informasi internal kami sudah belasah ribu suara kita, ” tuturnya lagi.

Surya mendorong agar KPU dan Bawaslu Batam bekerja lebih ekstra ketat lagi sehingga pemilu bisa berjalan baik, lancar dan tanpa hambatan. Ia berharap tidak ada lagi kecurangan dalam proaes perhitungan suara ini sehingga tokoh atau figur yang naik ke DPRD benar-benar pilihan masyarakat Kota Batam.

“Kalau angka ini kan gampang, terpenting tak ada kecurangan dan ini harus benar-benar kita jaga, ” pungkasnya. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra

Baca Juga

Pj Walikota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Walikota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar dirinya...

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Ikut Pemeriksaan Kesehatan

batampos – Pegawai dan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...

Malam Ini, Tim Gabungan Akan Tangkap Buaya Liar di Sagulung

batampos – Tim gabungan dari Polri, TNI, BKSDA, kecamatan...

Usai Lebaran, Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

batampos – Sepekan usai Lebaran, harga cabai di pasar...

UPDATE

Pj Wali Kota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar...

Pj Walikota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Walikota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar dirinya...

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Ikut Pemeriksaan Kesehatan

batampos – Pegawai dan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...

Malam Ini, Tim Gabungan Akan Tangkap Buaya Liar di Sagulung

batampos – Tim gabungan dari Polri, TNI, BKSDA, kecamatan...

Usai Lebaran, Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

batampos – Sepekan usai Lebaran, harga cabai di pasar...