Jumat, 19 April 2024

Caleg Saling Klaim Lolos

tabulasi
Suasana penghitungan suara di PPK Lubukbaja, Senin (19/2). Meski sudah berjalan tiga hari, persentase rekapitulasi suara dari 257 TPS masih 15 persen. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos – Persaingan memperebutkan kursi DPRD Kota Batam di Daerah Pemilihan (Dapil) Batam 6, Kecamatan Sekupang-Belakangpadang semakin ketat. Sejumlah nama-nama besar yang juga petahana di sejumlah partai terancam tumbang. Hal itu berdasarkan hasil hitung cepat KPU, Senin (19/2) malam, suara masuk 27,93 persen atau 136 dari 487 TPS.

Partai Gerindra saat ini masih memimpin dengan perolehan suara terbanyak yakni 765 suara. Adapun calegnya Aweng Kurniawan mendulang suara tertinggi yakni 660 suara. Partai Gerindra juga berpotensi meraup dua kursi di dapil tersebut.

Partai Gerindra bersaing ketat dengan Partai NasDem di posisi kedua dengan perolehan 735 suara. Sari Dwi Mulyawaty kokoh di urutan pertama dengan perolehan 424 suara yang disusul petahana Rival Pribadi dengan 165 suara. Melihat data yang masuk, baik Gerindra ataupun NasDem sama-sama berpotensi meraup dua kursi di Dapil Batam 6 ini.

Selanjutnya, kursi keempat bakal didapat PKS dengan perolehan sementara 290 suara. Saat ini PKS berada di posisi ketiga. Muhammad Kadri menjadi caleg dengan perolehan suara terbanyak dengan 161 suara.

Selanjutnya, PDIP juga di-prediksi mendapat satu kursi di dapil ini. Melihat data sementara yang masuk sampai saat ini, caleg petahana PDIP Budi Mardiyanto dengan 61 suara bakal terancam tumbang. Ia kalah dari rekan satu partainya Purwandhani Prananingrum yang memperoleh 96 suara.

Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) juga tampil perkasa di dapil ini. Berdasarkan suara yang masuk sementara PKN menempati urutan kelima terbanyak dengan perolehan 201 suara. M. Rizki Aji Perdana tampil perkasa dengan perolehan 200 suara.

Untuk suara partai terbanyak keenam ada PAN dengan 189 suara. Petahana Leo Anggra Saputra tampil menonjol di dapil ini dengan perolehan 172 suara. Terakhir PKB dengan 169 suara, Muhammad Mifbahul Huda meraup suara terbanyak sementara mengalahkan petahana Hendrik dengan perolehan 139 suara.

Adapun Golkar berada di posisi kedelapan dengan perolehan 98 suara. Jika sampai batas akhir ini posisi ini tidak berubah, kemungkinan Golkar tidak akan mendapat kursi di dapil ini.

Sebagaimana diketahui Dapil 6 Sekupang-Belakangpadang memiliki tujuh kursi di DPRD Batam. Bila melihat data yang masuk sampai saat ini hanya Leo Anggra Saputra, petahana yang berpotensi naik kembali menjadi anggota DPRD Batam.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Belakangpadang, Hanafi, mengatakan, sampai saat ini proses penghitungan suara masih dilakukan. Menurutnya, pleno tingkat PPK dibuka dua panel. ”Yang sudah selesai di Kelurahan Pemping itu ada 4 TPS,” ujarnya.

Sementara panel 1 Pulau Pecong sedang proses pleno TPS 1, dan 2 selesai dan TPS 3 sedang proses perhitungan untuk surat suara DPRD Kota Batam. Sedangkan untuk panel 2 Pulau Terong, TPS 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 selesai, sedang TPS 7 masih proses penghitungan surat suara untuk calon anggota DPR RI.

”Untuk surat suara kita masih hitung ya, karena belum semua yang selesai dihitung,” ujar Hanafi. Sedangkan pleno rekapitulasi atau penghitungan suara pemilihan umum di Kecamatan Lubukbaja masih berlangsung hingga Senin (19/2). Meski sudah berjalan tiga hari, persentase rekapitulasi suara dari 257 TPS masih 15 persen.

Ketua PPK Kecamatan Lubukbaja Salma Achmad me-ngatakan, pleno rekapitulasi suara sudah berlangsung sejak Sabtu (17/2). Pada hari pertama, pihaknya membuka 2 panel perhitungan dari Kelurahan Tanjunguma dan Baloi Indah. Namun di hari Senin (19/2), PPK membuka dua panel perhitungan untuk Kelurahan Lubukbaja Kota dan Kelurahan Pelita.

”Untuk perhitungan kami buka 4 panel, yakni untuk Kelurahan Tanjunguma, Kelurahan Pelita, Kelurahan Lubukbaja Kota dan Kelurahan Baloi Indah. Untuk Kelurahan Batu Selicin yang terakhir,” sebut Salman.

Ditanya siapa kandidat calon legislatif dan presiden yang unggul sampai saat ini, Salman mengaku belum bisa menyam-paikan, karena proses penghitungan masih berlangsung.

”Saya tak bisa sampaikan, karena masih 10-15 persen. Kami selesaikan per TPS,” jelas Salman.

Dikatakan Salman, proses penghitungan yang sudah berlangsung 3 hari berjalan dengan baik. ”Kami tak membatasi sikap para saksi. Yang penting mereka sopan dan beretika. Untuk proses penghitungan dimulai pukul 9 pagi hingga jam 11 malam,” tegas Salman.
Di sela penghitungan suara di Kelurahan Lubukbaja Kota, seorang ibu-ibu yang menjadi saksi parpol protes kepada petugas. Ia mencurigai salah seorang saksi merupakan saksi caleg atau saksi dari DPD.

Akibatnya proses penghitungan sempat terhenti beberapa saat. Petugas langsung mengonfirmasi terkait kegaduhan tersebut. ”Kami sudah cek, ternyata saksi punya mandat yang sah. Hal seperti itu biasa terjadi dalam penghitungan,” sebut salah seorang petugas PPK.

 

Anang Adhan Klaim Menang di Dapil 1
Sementara itu, tim sukses caleg DPRD Kota Batam dari Partai Gerindra, Anang Adhan, mengklaim memperoleh suara terbanyak kedua pada Pemilu 2024. Anang Adhan mengklaim mendapat 3.393 suara di 784 TPS Dapil 1 Batam Kota-Lubukbaja.

Sementara suara tertinggi dari Partai Gerindra pada dapil ini diraih Ahmad Surya dengan perolehan 7.774 suara. Kemudian disusul Wawan Koswara dengan 3.177 suara.

”Suara partai, Gerindra mendapat 21.180 suara. Artinya, Partai Gerindra berpeluang mendapat dua kursi di DPRD Kota Batam,” ujar Ketua Tim Sukses Anang Adhan, M Taufiqurrohman, Senin (19/2) sore.

Taufiqurrahman menjelaskan, konferensi pers ini dilakukan timnya untuk mengawal suara Anang Adhan. Sebab saat ini tengah beredar hasil penghitungan suara.

Ia mengatakan dalam salah satu media online, Wawan Koswara mengklaim memperoleh 4.000 suara lebih atau melebihi suara Anang Adhan. ”Mudah-mudahan tidak berubah saat rekapitulasi KPU,” katanya.

Di lain pihak, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Batuaji dan Sagulung masih fokus dengan pleno rekapitulasi surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Petugas masih berkutat dengan rekap surat suara untuk Pilpres.

Informasi yang diterima Batam Pos di lapangan, untuk Batuaji baru satu kelurahan yang sudah rampung dengan rekapitulasi hasil Pilpres dan sudah memasuki rekapitulasi untuk pemilihan DPR RI. ”Kelurahan lain masih untuk pilpres. Tapi secara umum (wilayah Batuaji) 02 masih unggul,” ujar sumber petugas di lokasi pleno tingkat PPK di Kantor Kecamatan Batuaji.

Dari informasi yang didapat hasil pleno sementara untuk presiden hampir sama dengan yang dirilis oleh KPU di website resmi KPU. Paslon 02 masih memimpin dengan total 13.691 suara atau 53,44 persen. Urutan kedua diduduki oleh paslon 01 sengan 9.004 suara atau 35,15 persen. Sedang paslon 03 meraih 2.924 suara atau 11,41 persen.

Begitu juga dengan di Sagulung. Pleno rekapitulasi tingkat kecamatan masih terus berlanjut dan masih fokus dengan pleno rekapitulasi surat Pilpres. Paslon nomor urut 01 berada di angka 32,75 persen, 02 diangka 55,58 persen, dan 03 diangka 11,67 persen.

 

Empat Petahana Batuaji Klaim Bertahan
Memasuki hari ketiga pleno di PPK masih terus berlang-sung. Meski demikian, sejumlah tim sukses dan juga caleg yang ikut dalam kontestasi pemilu sudah memiliki data sementara yang didasarkan pada data saat penghitungan suara di TPS. Untuk Dapil Batam V (Batuaji) yang memperebutkan 6 kursi, data yang diterima Batam Pos sudah hampir pasti enam nama calon anggota DPRD Batam periode 2024-2029 dari enam partai berbeda.

Berdasarkan data sementara, kursi pertama diraih oleh Partai Gerindra dengan perolehan suara kurang lebih 15.348 suara dengan caleg pemilik suara tertinggi yakni Muhammad Rudi. Disusul PDIP dengan perolehan suara sementara sekitar 10.709 suara dengan suara tertinggi atas nama Tapis Dabbal Siahaan.

Kemudian, kursi ketiga diyakini milik Partai NasDem dengan perolehan suara sementara 8.545 suara dengan suara tertinggi diraih Arlon Veristo. Sementara kursi keempat diraih oleh Partai Hanura dengan perolehan sementara 6.425 suara dengan peraih suara terbanyak adalah Tumbur Hutasoit.

Sementara kursi kelima adalah Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan suara sementara 6.237, dimana suara terbanyak adalah Safari Ramadhan. Dan kursi terakhir adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan suara sementara 6.073 dengan suara terbanyak diraih Warya Burhanudin.

Sementara itu, Ketua PKS Kota Batam M Yusuf mengatakan bahwa satu kursi di DPRD Kota Batam dari Dapil V Batuaji adalah milik PKS. ”PKS ada satu kursi dan yang paling banyak suaranya adalah War-ya Burhanudin,” katanya.

Ketua PAN Kota Batam Safari Ramadhan juga mengaku berterima kasih karena PAN masih tetap diberikan kepercayaan untuk kembali duduk di DPRD Kota Batam dari Dapil V. ”Ya, kalau kita optimis satu fraksi di DPRD Kota Batam. Kalau di Batuaji, saya sendiri ada di kursi kelima,” katanya.

Dari enam calon yang duduk menjadi anggota DPRD Kota Batam ini, dua di antaranya adalah baru yakni Tapis Dabbal Siahaan dan Warya Burhanudin. Sementara empat caleg lainnya adalah petahana.

Golkar yang sebelumnya selalu menang di dapil ini harus rela kehilangan kursi. Dimana dalam periode 2019-2024 anggota DPRD Kota Batam dari Dapil V adalah Jimmy Nababan. Sementara dari PDI Perjuangan, Tapis menggeser Erikson Pasaribu.

Pleno perhitungan suara di tingkat Kecamatan Nongsa kembali berlanjut. PPK membuka dua panel perhitungan suara untuk Kelurahan Sambau dan Kabil.

“Mulai hari ini kami membuka dua panel masing-masing TPS di Kelurahan Sambau dan Kabil. Kemudian masih ada satu kelurahan lagi yang akan menyusul yakni Batubesar,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Nongsa, Jauhari, Senin (19/2).

Sementara itu untuk perhitungan telah selesai di Kelurahan Ngenang dengan lima TPS dari total 231 TPS di Kecamatan Nongsa. “Untuk perolehan suara Partai NasDem masih unggul, di bawahnya PDIP,” ujarnya.

Perolehan suara pada Kelurahan Ngenang untuk Pilpres, paslon Prabowo-Gibran unggul dengan 480 suara, disusul paslon Anies-Muhaimin dengan 260 suara, dan paslon Ganjar-Mahfud meraih 91 suara. “Target selesai sampai 28 Februari, tapi kami lihat situasi kondisi ke depan semoga bisa cepat dan tidak terjadi kendala,” kata dia.

Senada, PPK Bengkong terus melaksanakan proses rekapitulasi hasil pemungutan suara. ”Sudah 3 hari. Rekapitulasi penghitungan suara di Kecamatan Bengkong dibagi dalam 4 panel,” ujar Ketua PPK Bengkong, Agus Dianto, Senin (19/2).

Ia menjelaskan sampai hari ini penghitungan suara mencapai 25 persen. Di antaranya 34 TPS di Kelurahan Sadai, 20 TPS di Kelurahan Bengkong Indah, 20 TPS di Kelurahan Bengkong Laut, dan 24 TPS di Kelurahan Tanjungbuntung.

”Kita hitungnya selesai satu satu per TPS. Dari DPRD Kota, Provinsi, DPD, dan seterusnya” katanya.

Dari penghitungan sementara tersebut, caleg yang unggul sementara untuk DPRD Kota Batam adalah Kamaruddin, dan Asnawati. ”Untuk Pilpres, paslon Prabowo-Gibran unggul. Tapi ini hasil penghitungan sementara sampai saat ini,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP, Soerya Respationo menyampaikan meskipun rekapitulasi masih berjalan, namun secara garis besar hasilnya sudah dimiliki, melalui pemantauan saksi yang ditugaskan saat pencoblosan di TPS. ”Karena kursi yang lolos itu terbatas di setiap jenjang. Sehingga masing-masing peserta partai politik ini lagi berupaya agar suara mereka bisa lolos,” kata dia, Senin (19/2).

Ia menyebutkan perebutan kursi menjadi wakil rakyat semakin sengit, meskipun pemilihan sudah mulai. Ada indikasi jual atau beli suara di tengah proses penghitungan yang masih berlangsung saat ini.

”Info yang kami dapatkan sudah ada yang mau membeli suara dari caleg partai lain. Karena suara yang didapati caleg tertentu belum mampu meloloskan diri dalam pemilihan ini,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Batam, Antonius Itolaho Gaho mengatakan berbagai indikasi kecurangan itu mungkin saja terjadi. Namun semua itu ada mekanismenya. Jika memang ada laporan yang ditemukan, silakan laporkan ke Bawaslu.

”Kita tidak bisa tindak tanpa adanya laporan resmi. Laporkan saja. Karena sampai sekarang kami juga terus terima laporan pelanggaran atau indikasi kecurangan dalam Pemilu,” jelasnya.

Antonius mengatakan rekapitulasi di tingkat PPK masih berlanjut. Penghitungan diawasi oleh Panwascam, saksi dari partai politik, dan saksi masing- masing caleg. Ada juga dari pihak kepolisian yang mengawasi jalannya proses rekapitulasi. (*)

 

Reporter : Rengga Yuliandra Yashinta / Yofi Yuhendri / Azis Maulana / Eusebius Sara / Alfian Lumban Gaol / Yulitavia

 

Baca Juga

Pj Walikota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Walikota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar dirinya...

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Ikut Pemeriksaan Kesehatan

batampos – Pegawai dan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...

Malam Ini, Tim Gabungan Akan Tangkap Buaya Liar di Sagulung

batampos – Tim gabungan dari Polri, TNI, BKSDA, kecamatan...

Usai Lebaran, Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

batampos – Sepekan usai Lebaran, harga cabai di pasar...

UPDATE

Pj Wali Kota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar...

Pj Walikota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Walikota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar dirinya...

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Ikut Pemeriksaan Kesehatan

batampos – Pegawai dan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...

Malam Ini, Tim Gabungan Akan Tangkap Buaya Liar di Sagulung

batampos – Tim gabungan dari Polri, TNI, BKSDA, kecamatan...

Usai Lebaran, Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

batampos – Sepekan usai Lebaran, harga cabai di pasar...