Minggu, 14 Agustus 2022

BMKG Prediksi Hujan Mengguyur Pulau Bintan hingga Satu Pekan ke Depan

Baca Juga

Masyarakat diminta berhati-hati saat berkendara ketika hujan terhadap bahaya pohon tumbang akibat angin kencang, Kamis (4/8).f.Peri Irawan

batampos– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi hujan dengan intnsitas ringan dan sedang akan mengguyur Tanjungpinang hingga satu pekan ke depan.

Namun dekimian BKMG belum mengeluarkan peringanan dini terhadap bahaya banjir rob, karena kondisi gelombang belum terlalu tinggi.

Prakirawan BMKG Tanjungpinang Khalid Fikri Nugraha, menjelaskan kondisi cuaca di Pulau Bintan berkaitan dengan peningkatan konektivitas awan dan pertemuan angin yang membuat awan tertarik sehingga memicu pembentukan awan konfektif yang bisa menghasilkan hujan.

BACA JUGA: Daerah Endemis DBD, Warga Tanjungpinang Diminta Waspada DBD saat Musim Hujan

Dari analisis skala lokal di Pulau Bintan, lanjut Khalid kelembapan udara juga tinggi dari lapisan bawah hingga menengah,sehingga berpengaruh pada pasokan uap air untuk pembentukan awan hujan.

“Sehingga hujan yang turun sejak beberapa hari belakangan ini dipengaruhi dua faktor yaitu regional dan lokalnya,” kata Khalid, Kamis (4/8).

Khalid memperkirakan cuaca hujan di Tanjungpinang bisa berlangsung hingga satu pekan ke depan dengan intensitas ringan hingga sedang, namun tidak tertutup kemungkinan dalam pekan tersebut hujan juga akan berhenti dalam satu harinya.

“Dua sampai tiga hari hujan kemudian reda dan besoknya hujan lagi, jadi tidak hujan terus,” paparnya.

Walaupun curah hujan cukup tinggi, sekarang ini BMKG belum mengeluarkan peringatan dini akan datangnya banjir rob, karena ketinggian gelombang masih normal.

Namun demikian ketinggian gelombang itu bisa naik karena dipengaruhi oleh kecepatan angin yang belakangan ini mulai mengalami peningkatan.

“Karena hujan juga dapat menimbulkan angin kencang, jadi tidak tertutup kemungkinan ketinggian gelombang nanti juga akan naik pada wilayah pesisir khususnya,” sebut Khalid.

Kepada mayarakat yang tinggak di Pulau Bintan diimbau agar tetap waspada terutama saat beraktivitas di luar rumah terutama bagi nelayan. (*)

 

Reporter : Peri Irawan

 

Update