Selasa, 6 Desember 2022

Pemulung Tertipu Beli Ponsel Palsu

Baca Juga

batampos – Seorang pemulung yakni Joko Suprapto (54) warga Jalan Cendrawasih Tanjungpinangmenjadi korban penipuan. Joko tertipu saat membeli dua unit ponsel seharga Rp 1,2 juta dari pelaku penipuan.

Joko mengaku dua ponsel dibeli dari seorang pedagang ponsel keliling. Saat itu pelaku mendatangi rumahnya. Lalu Joko membeli namun ternyata ponsel palsu atau ponsel pajangan.

Sebelumnya, pria paruh baya itu mendatangi konter ponsel di Jalan DI Panjaitan. Joko meminta bantuan kepada konter untuk menghidupkan dua ponsel yang dibelinya.

Konter menginformasikan kepada Joko, dua buah ponsel itu dummy atau ponsel pajangan. “Iya, bapak itu ada datang empat hari lalu. Dia minta hidupkan Hpnya (ponsel), ternyata Hp yang dia beli cuma untuk pajangan aja,” ungkap seorang pegawai konter Vera, Rabu (12/10).

BACA JUGA: Sudah Ada 8 Korban Penipuan Jual Beli Rumah Rugi Ratusan Juta, Pelakunya Sukrisno

Merasa iba, Vera menceritakan kejadian yang dialami joko melalui akun media sosialnya. Vera mengaku kaget, karena kejadian itu direspon sebanyak 2 juta orang lebih. “Terus ada yang komen dan nyaranin untuk buka donasi. Awalnya ragu, tapi akhirnya saya coba open donasi,” terangnya.

Dari hasil donasi, Vera berhasil mengumpulkan uang Rp 5.480.000. Uang ini, digunakan membeli dua ponsel untuk diberikan kepada Joko. Uang sisa pembelian ponsel juga diberikan kepada Joko.

Namun, bantuan berupa uang dan dua unit ponsel hasil open donasi itu awalnya ditolak oleh keluarga Joko. “Saya gak mau uang dan Hp itu dikembalikan. Tapi akhirnya pak Joko mau terima,” jelas Vera.

Menurut istri Joko yakni Triana, suaminya telah dihipnotis untuk membeli dua ponsel palsu tersebut. Sebab, Joko tidak mungkin membeli barang-barang seperti itu, tanpa berkonsultasi dengannya. “Saya suruh bapak (Joko) kembalikan dua handphone dan uang donasi itu. Saya dan suami tidak mau terima, bukannya tidak bersyukur,” sebutnya.

Triana mengaku tidak mau melibatkan orang lain atas musibah yang menimpa suaminya itu. Sebab, kejadian tersebut merupakan keteledoran diri sendiri. “Biar kami aja yang menanggung. Saya berterimakasih juga atas donasi ini dan bersyukur,” katanya. (*)

reporter: yusnadi

Update