Selasa, 6 Desember 2022

Kondisi Cuaca Tindak Menentu, Pengerjaan Flyover Ramayana Digesa Siang Malam

Baca Juga

Flyover Basuki Rahmat

batampos-Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Flyover Ramayana, Tanjungpinang, Sayed Wahidin mengatakan, kondisi cuaca mempengaruhi progres proyek strategis Flyover Ramayana. Saat ini, pekerjaan digesa siang dan malam.

“Secara keseluruhan progres sudah pada angka 70 persen. Kendala kita saat ini, adalah cuaca yang tidak menentu,” ujar PPK Flyover Ramayana, Sayed Wahidin, Rabu (15/11/2022)

Dijelaskannya, sudah terpasang balok U Girder sebanyak 6 bentang. Adapun yang tersisa satu bentangan lagi, yaitu di P3 – P4 yang posisi nya berada di atas sungai. Saat ini sedang dilakukan persiapan pemasangan shoring.

“Untuk erectionnya nanti akan menggunakan Long Beam yang ditumpukan ke shoring,” jelasnya.

BACA JUGA: Kontraktor Kebut Pengerjaan Proyek Flyover Basuki Rahmat

Lebih lanjut katanya, pekerjaan juga akan dibantu cren untuk mengangkat setiap segmennya. Pekerjaan pemasangan U Girder tuntas pekan pekan.

“Target kami Insya Allah minggu depan seluruh pekerjaan erection U Girder sudah terpasang semuanya,” jelasnya lebih lanjut.

Menurutnya, setelah pekerjaan pemasangan U Girder selesai, dilanjutkan dengan slab latai jembatan. Adapun sampai saat ini, slab jembatan sudah selesai di cor sebanyak 2 bentang.

“Apabila tidak ada halangan, Sabtu (18/11) akan dilakukan pengecoran slab lantai ke 3 dan tersisa 3 bentang lagi,” paparnya.

Ditegaskannya, pihaknya berupaya awal Desember jembatan sudah tersambung. Bagi meminimalisir resiko, untuk sementara jalan menuju Jembatan I Dompak sudah dilakukan penutupan.

Disebutkannya juga, saat ini pekerjaan oprit sisi Jalan Basuki Rahmat dan Dompak sedang di gesa pekerjaan. Mengingat saat ini sering turun hujan, pekerjaan dilakukan siang dan malam jika cuaca cerah.

“Kami mohon doa, semoga pekerjaan berjalan sesuai rencana. Dan tidak terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan,” tutupnya.

Seperti diketahui, proyek flyover Ramayana dibangun oleh PT. Pandji. Infrastruktur jalan senilai Rp60 miliar ini adalah merupakan salah satu proyek strategis Pemprov Kepri di Ibu Kota Provinsi Kepri tahun 2022 ini. (*)

reporter: jailani

 

Update