Selasa, 6 Desember 2022

Produksi IKM Penerima Sertifikasi Halal Diaudit

Baca Juga

 

batampos – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (disdagin) Kota Tanjungpinang bersama Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM) MUI Kepri mengaudit sejumlah rumah produksi pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) penerima fasilitasi sertifikasi halal.

Kepala Disdagin Kota Tanjungpinang, Riany menjelaskan audit ke rumah produksi 50 pelaku usaha IKM itu dilakukan setelah yang bersangkutan mendapat pelatihan fasilitasi sertifikasi halal pada awal November kemarin.

“Ketika diaudit mereka sudah paham, karena sudah kita bekali dengan pelatihan. Tahap pertama ada 25 IKM pangan yang diaudit. Tahap kedua akan kita jadwalkan selanjutnya,” kata Riany. Rabu (16/11).

Anggota Auditor LPPOM MUI Provinsi Kepri, Zulfikri menilai dari hasil audit ke rumah produksi, para pelaku IKM sudah cukup paham dalam memproduksi produk makanan yang aman untuk dikonsumsi.

“Kita temui tadi bahan-bahan olahan seperti tepung, minyak goreng, bumbu penyedap semuanya sudah ada sertifikat halalnya. Tempat produksinya juga bersih,” ujar Zulfikri.

Namun, hasil audit itu tetap ada saran yang disampaikan, ia menganjurkan agar pelaku IKM dapat memisahkan antara ruang produksi produk dengan dapur rumah tangga.

“Kita anjurkan tempat itu dipisahkan. Jangan bercampur baur. Alhamdulillah, mereka paham dan komitmen untuk melaksanakan itu,” tambahnya.

Zulfikri mengakui, dari hasil audit di lokasi, semuanya sudah bagus. Ia berharap, program yang dilaksanakan itu ini bisa terus berkelanjutan ke depannya.

“Mudah-mudahan, program disdagin ini terus berjalan dengan lancar untuk membantu IKM kota Tanjungpinang, sehingga ekonominya bisa meningkat,” pungkasnya.

Salah satu pelaku usaha IKM yang memproduksi Keripik Pisang Ibun, Misiah bersyukur karena sudah difasilitasi sertifikat halal secara gratis. Ia bertekad untuk meningkatkan hasil dan kebersihan tempat produksi.

“Alhamdulillah, saya sudah punya sertifikasi halal. Kedepan akan terus saya tingkatkan dan akan lebih baik lagi,” ungkapnya. (*)

 

Reporter : Peri Irawan

Update