Jumat, 19 April 2024

Destinasi Wisata Religi di Ibu Kota Provinsi Kepri

Masjid Raya Dompak, Tanjungpinang, yang dibangun Pemprov Kepri. Terletak di kawasan tertinggi Pulau Dompak yang menawarkan pemadangan terbaik. F. Humas Dispar Kepri untuk Batam Pos

Pulau Dompak merupakan Pusat Pemerintahan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Di ketinggian pulau yang berada di seberang Kota Tanjungpinang ini, berdiri megah Masjid Raya Nur Ilahi atau lebih familiar disebut Masjid Raya Dompak. Pesonanya bisa dikemas sebagai destinasi wisata religi di Provinsi Kepri.

Masjid bukan hanya sebagai sarana ibadah saja, namun keunikan bangunan ataupun berada di lokasi yang strategis akan menjadi magnet sebagai destinasi wisata. Masjid Raya Dompak, Tanjungpinag yang dibangun oleh Pemprov Kepri tersebut menyimpan pesona untuk menjelma sebagai tujuan wisata.

“Mesjid Nur Ilahi Pulau Dompak sa-ngat berpotensi menjadi destinasi wisata relegi dan daya tarik wisata baru di Kota Tanjungpinang,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Guntur Sakti, Minggu (25/2).

Masjid Raya Dompak berada di kawasan tertinggi di Pulau Dompak yang menawarkan pemadangan terbaik. Selain bisa melihat bagian pesisir Tanjungpinang, dari kawasan ini juga bisa mengabadikan Jembatan I Dompak yang membentang sepanjang 1,5 km dari Tanjungpinang ke Pulau Dompak.

Baca Juga: NasDem Raih Suara Terbanyak di Dapil Karimun 1, PD dan PAN Kehilangan Kursi

“Kenapa saya katakan Masjid Raya Dompak punya potensi sebagai destinasi wisata baru, karena memiliki view terbaik dengan lanscape kawasan yang sangat indah,” ucap Guntur.
Pemprov Kepri telah mendesain Masjid Raya Dompak dengan infrastruktur pendukung, seperti menara masjid yang dilengkapi dengan lift. Sehingga pengunjung yang datang bisa melihat kawasan Pulau Dompak ataupun lanskap Kota Tanjungpinang dari ketinggian. Namun, keberadaanya belum memberikan warna, lantaran infrastrktur tersebut belum difungsikan karena sesuatu hal.

“Perlu komitmen bersama anatara pemerintah daerah dan pengurus masjid untuk menjadikan Masjid Nur Ilahi Dompak sebagai tampat ibadah yang mengusung nilai nilai Sapta Pesona yaitu Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah Tamah dan Kenangan, karena sesuai juga dengan nilai nilai yang di ajarkan dalam Islam,” jelas mantan Pejabat Kemenparekraf tersebut.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad juga sangat menyadari keberadaan Masjid Raya Dompak yang mulai difungsikan sejak 2017 lalu tersebut. Baginya, masjid tersebut bukan hanya sebagai ikon rumah ibadah di pusat Pemerintahan Provinsi Kepri, tetapi juga punya daya tarik wisata.

“Kita memang sudah merancang Masjid Raya Dompak sebagai destinasi wisata baru. Namun keterbatasan anggaran, sedikit menunda rencana-rencana yang sudah disusun,” ungkap Ansar, belum lama ini.

Sejatinya, masjid ini memiliki menara yang cukup tinggi. Bahkan sudah dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti lift untuk mencapai puncak menara. Keberadaan fasilitas pendukung pada bangunan masjid yang bercorak biru ini adalah untuk kepentingan wisata.

Baca Juga: Curanmor Marak Terjadi, Kapolres Berpesan Pasang Kunci Ganda jika Parkir

“Fasilitas seperti lift di Masjid Raya Dompak ini adalah untuk kepentingan wisata. Namun sekarang masih belum bisa difungsikan, karena rusak,” papar gubernur.

Dari ketinggian menara masjid ini, menawarkan panorama yang menarik tentunya. Bukan hanya bisa melihat wajah pusat Pemerintah Provinsi Kepri, tetapi banyak keindahan lainnya yang bisa dilihat seluas mata memandang. Pembenahan kawasan Masjid Raya Dompak membutuhkan anggaran yang cukup besar, makanya pekerjaan ini dilakukan secara bertahap.

“Secara keseluruhan kawasan Masjid Raya Dompak, Tanjungpinang, membutuhkan anggaran lebih kurang Rp 30 miliar,” tegas gubernur.

Lewat APBD TA 2023 lalu, Pemprov Kepri telah memulai pembenahan infrastruktur Masjid Raya Dompak dengan anggaran lebih kurang Rp 5 miliar. Pekerjaan masih fokus pada bangunan utama masjid yang mengalami kebocoran di sana sini. Selain itu juga untuk memperkuat ornamen-ornamen yang berada di dalam masjid.

“Ini akan menjadi daya tarik tentunya untuk wisatawan datang berkunjung. Makanya kita akan benahi secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang ada,” tutup gubernur. (*)

 

Reporter: Jailani

Baca Juga

Pj Walikota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Walikota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar dirinya...

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Ikut Pemeriksaan Kesehatan

batampos – Pegawai dan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...

Malam Ini, Tim Gabungan Akan Tangkap Buaya Liar di Sagulung

batampos – Tim gabungan dari Polri, TNI, BKSDA, kecamatan...

Usai Lebaran, Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

batampos – Sepekan usai Lebaran, harga cabai di pasar...

UPDATE

Pj Wali Kota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Wali Kota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar...

Pj Walikota Tanjungpinang Surati Kemendagri, Mengajukan Pengunduran Diri

batampos– Pj Walikota Tanjungpinang Hasan telah mendengar kabar dirinya...

Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Pegawai dan Warga Binaan Lapas Ikut Pemeriksaan Kesehatan

batampos – Pegawai dan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...

Malam Ini, Tim Gabungan Akan Tangkap Buaya Liar di Sagulung

batampos – Tim gabungan dari Polri, TNI, BKSDA, kecamatan...

Usai Lebaran, Harga Cabai Turun, Bawang Masih Tinggi

batampos – Sepekan usai Lebaran, harga cabai di pasar...