Selasa, 6 Desember 2022

Melihat Lebih Dekat Panglima TNI Jenderal Andika

Baca Juga

Latihan tempur antara TNI dan Angkatan Laut Australia atau Royal Australian Navy (RAN) membuat decak kagum prajurit negara tetangga. Tak hanya kagum dengan kemampuan prajurit TNI, kekaguman juga timbul dengan sosok Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

LINGGA – YOFI YUHENDRI

batampos Dua unit helikopter TNI AL mendarat di tengah lokasi latihan tempur di Pantai Todak, Dabo Singkep Kepri, Minggu (20/11) sekitar pukul 08.17 WIB. Dari dalam helikopter turun rombongan. Salah satunya, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Kedatangan Jenderal Andika disambut Komandan Pasukan Marinir, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto dan Chief of Joint Operations at Headquarters Joint Operations Command, Lieutenant General Greg Bilton.

Andika kemudian berjalan bersama rombongan menuju tower pemantau latihan tempur. Disitu, Andika disambut Komandan Pusat Latihan Pertempuran Marinir 9 TNI Angkatan Laut Dabo Singkep, Letkol Marinir Adid Kurniawan Wicaksono. Keduanya sempat bergurau, Andika terlihat tertawa.

Baca JUga: Melihat Latihan Tempur TNI AL-Royal Australian Navy di Pusat Latihan Tempur di Lingga

Tak ada yang spesial dalam penyambutan orang nomor satu di TNI ini. Tanpa karpet merah, tanpa protokoler berlebihan. Semuanya sederhana, dibandingkan kedatangan pejabat utama lainnya.

Di atas tower, Andika dan Greg Bilton menyaksikan latihan tempur bersamaan. Kedatangan mereka disusul Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono. Berbeda dengan Panglima, Yudo datang ke lokasi melalui jalur laut.

panglima tni 1
Wartawan Batam Pos, Yofi Yuhendri (kiri) berswafoto bersa,a Panglima Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto: Yofi Yuhendri/Batam Pos

Latihan berlangsung selama 4 jam. Latihan selesai, seluruh prajurit berbaris menyambutnya di bawah tower.

“Yang saya harapkan (dalam latihan) bagaimana rekan-rekan berinteraksi. Mulai dari kapal, heli, serangan. Dengan interaksi, makin kenal maka makin sayang,” ujar Andika dihadapan ratusan prajurit TNI dan RAN sambil tersenyum.

Ucapan Andika disambut prajurit dengan yel yel prajurit TNI AL. Suasana semakin pecah saat yel yel prajurit TNI dibalas yel yel prajurit RAN.

Baca Juga: BP Batam Surati 580 Pemilik Lahan Tidur, Tidak Dibangun Bakal Langsung Diambil Alih

“Saya mengucapkan terimakasih banyak yang sudah diberikan kesempatan menyaksikan latihan ini. Saya senang sekali, kegiatan hari ini merupakan pondasi kuat untuk meningkatkan kerjasama kita,” sambung Greg Bilton dihadapan ratusan prajurit.

Dalam kesempatan itu, para prajurit meminta Panglima TNI untuk foto bersama. Andika langsung berbaris di depan prajurit dengan gestur tangan mengepal.

panglima tni
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kanan) bersama Chief of Joint Operations at Headquarters Joint Operations Command, Lieutenant General Greg Bilton. Foto: Yofi Yuhendri/Batam Pos

Usai memberikan arahan kepada prajurit, Andika disambut para wartawan. Uniknya, proses wawancara tanpa ada batasan. Wartawan secara dekat bisa berinteraksi dengannya.

“Sudah ya,” kata Andika tersenyum mengakhiri wawancara. Tak hanya itu, dalam kesempatan tersebut para wartawan berkesempatan mengabdikan foto bersama dengan Andika. Tak ada penolakan maupun larangan dari ajudannya.

Baca Juga: Galang Dana untuk Cianjur, Warga: Sehat-sehat ya Pak Rudi…

Menjelang meninggalkan lokasi latihan tempur, Andika meminta seluruh prajurit dan wartawan untuk menyantap hidangan yang disediakan prajurit RAN. Hidangan itu dibawa langsung dari Australia.

“Seluruhnya harus ikut mencicipi masakan yang disediakan prajurit Australia ini. Karena bahan makanan ini sudah jauh mereka bawa dari negaranya,” papar Andika.

Andika meninggakan lokasi latihan temput sekitar pukul 14.00 WIB. Ia kembali menggunakan helikopter bersama pejabat utama TNI dan RAN.(*)

Update