Rabu, 7 Desember 2022

Jalan Hang Jebat Batubesar Dibangun Tahun Depan

Baca Juga

Pelebaran Jalan 2 F Cecep Mulyana
Jalan Hang Jebat, Batubesar, Nongsa. BP Batam akan mulai melakukan pembangunan Jalan Hang Jebat, Batubesar di tahun depan. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan mulai melakukan pembangunan Jalan Hang Jebat, Batubesar di tahun depan. Sejauh ini tidak ada hambatan untuk pembangunan jalan tersebut.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait, mengatakan, pembangunan jalan ini tidak ada gangguan.

“Tidak ada PL (Penetapan Lahan) yang berada di ROW jalan Batubesar,” kata Ariastuty, Senin (5/9/2022).

Ia mengatakan setiap PL yang dikeluarkan sesuai dengan ketentuan dan rencana detail tata ruang (RDTR). Pembersihan untuk pelebaran jalan Hang Jebat ini juga sudah dilaksanakan.

“Lelangnya, tahun depan dilaksanakan,” tutur Ariastuty.

Pelebaran Jalan Hang Jebat cukup penting. Sebab, Jalan Hang Jebat merupakan akses untuk menuju ke lokasi pariwisata dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) NDP.

Tentunya pelebaran jalan ini, dapat menguntungkan semua pihak. Tidak hanya pengelola pariwisata, atau pengelola KEK NDP, tapi juga masyarakat sekitar.

Warga Batubesar, Dicky Sigit, mengatakan, pelebaran jalan Batubesar dipastikan dapat mengurangi kemacetan.

Sebab, pada jam-jam sibuk arus lalu lintas kendaraan cukup padat di area tersebut. Apalagi saat hari libur, masyarakat dari berbagai daerah ramai datang ke Nongsa untuk menikmati beberapa spot pariwisata.

“Sangat perlu, untuk kelancaran akses untuk masyarakat sekitar sini dan ke kawasan pariwisata,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata, menyebutkan kawasan Sambau adalah daerah yang strategis dan perlu perhatian khusus. Destinasi wisata di kawasan Sambau, masuk dalam rencana induk pariwisata nasional.

“Sehingga membutuhkan amenitas (sarana pendukung yang baik),” kata Ardiwinata.(*)

Reporter: Fiska Juanda

Update