Rabu, 7 Desember 2022

Tarif Trans Batam Tidak Naik, Tapi…

Baca Juga

Trans Batam
Ilustrasi. Tarif bus Trans Batam dipastikan tidak akan naik hingga akhir tahun. Foto: Dalil Harahap/Batam Pos 

batampos – Tarif bus Trans Batam dipastikan tidak akan naik hingga akhir tahun. Namun dengan kenaikan tarif bahan bakar minyak (BBM), Dinas Perhubungan Kota Batam akan mengurangi ritase atau perjalanan trayek.

“Kita masih ada subsidi. Jadi tidak akan ada kenaikan sampai akhir tahun, hanya ada pengurangan ritase saja. Nanti pengurangannya akan disesuaikan dengan sisa anggaran yang ada,” ujar Kepala UPT Trans Batam, Bambang Sucipto, Senin (5/9/2022).

Sucipto menjelaskan pengurangan ritase tersebut seperti trayek Batamcenter-Nongsa biasanya dengan 3 bis x 10 rit, kemudian dikurangi menjadi 3 bis x 8 rit.

“Untuk itu sekarang masih kita sesuaikan trayek mana saja yang dikurangi. Baru nanti disampaikan ke masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan tarif bus Trans Batam baru mengalami kenaikan pada Septermber 2021 lalu. Untuk tarif umum tunai Rp 6 ribu, dan non tunai Rp 5 ribu. Sedangkan tarif pelajar tunai Rp 3 ribu, dan non tunai Rp 2.500.

“Tapi kenaikan BBM jenis solar saat ini cukup tinggi sampai 30 persen. Ini nanti dampaknya akan besar,” ungkapnya.

Menurut Sucipto, penumpang Trans Batam saat ini meningkat drastis. Jumlah penumpang mencapai 3000-3500 perhari, dan setiap hari Trans Batam mengopersikan 40 armada dengan jam operasional dari pukul 07.00-18.00 WIB.

Selain itu, pihaknya sudah tidak memberlakukan pembatasan jarak penumpang. Untuk bis besar dengan 80 penumpang, dan bis kecil 50 penumpang.

“Target kita tahun ini pendapatan naik dibandingkan tahun lalu. Karena tahun sekarang penumpang sudah mulai ramai,” tutupnya.(*)

Reporter: Yofi Yuhendri

Update