Rabu, 7 Desember 2022

Kunjungan Wisman ke Kepri masih Jauh dari Target

Baca Juga

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. F.Slamet Nofasusanto

batampos- Angka kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) ke Provinsi Kepri masih jauh dari target. Namun demikian, jumlahnya terus menunjukan perkembangan yang baik.

Adapun kunjungan wisman periode Januari-September 2022 sudah ada 359.510 wisman yang masuk. Angka ini, ada peningkatan sebesar 16,89 persen dari periode bulan yang sama pada tahun 2021 yang lalu.

“Memang masih jauh dari target kita, 1 juta wisman. Namun grafiknya semakin meningkat,” ujar Gubernur Kepri, Ansar Ahmad belum lama ini.

BACA JUGA: Kunjungan Wisman ke Batam Naik 5,44 Persen Selama Agustus 2022

Menurut Gubernur, dunia pariwisata Kepri hancur lebur, karena disebabkan pandemi Covid-19 pada sejak 2019 lalu. Padahal pada tahun sebelumnya Pariwisata Kepri menempati urutan ke-2 kunjungan wisman tertinggi di Indonesia setelah Bali dan mengalahkan Provinsi DKI yang berada di urutan ketiga.

“Wisatawan kita paling banyak selain dari Singapura dan Malaysia juga berasal dari India serta China. Namun ketika pendemi hilang semua kunjungan tersebut. Namun sekarang kondisinya mulai membaik,” jelas Gubernur.

Lebih lanjut katanya, usaha percepatan recovery ekonomi terus dilakukan oleh Pemprov Kepri, salah satunya melalui sektor pariwisata. Yaitu dengan terus berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan HAM serta Direktorat Bea dan Cukai.

Pihaknya, pihaknya mendorong secara bertahap pembebasan Visa on Arrival (VoA) ke Kepri untuk diberlakukan kembali sehingga meningkatkan minat wisatawan berkunjung.

“Mudah-mudahan hasilnya bagus. Kita terus berkoordinasi dengan lintas Kementerian. Melalui Kemenko Perekonomian juga terus kita berkomunikasi, dan dalam waktu dekat mereka akan rapat koordinasi terkait VOA ini,” tutup Gubernur Kepri, Ansar Ahmad. (*)

reporter: jailani

 

Update