Jumat, 3 Mei 2024

Bupati Natuna : Musrenbang Akomodir Usulan Prioritas Penting Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Bupati Wan Siswandi menerima buku pokok pikiran DPRD yang diserahkan oleh Wakil Ketua DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah

batampos– Bupati Natuna Wan Siswandi menegaskan, keberhasilan pembangunan suatu wilayah akan diukur dari beberapa indikator seperti Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM), Pertumbuhan Ekonomi, Kemiskinan, PDRB Perkapita dan Indeks Gini.

Hal itu disampaikan Bupati saat membuka secara resmi acara Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten di Gedung Sri Serindit, Selasa (5/2) malam.

Ia menyebutkan, Estimasi Pendapatan tahun 2025 sebesar Rp. 1.237.372.010.000 dengan arah kebijakan pembangunan difokuskan pada upaya pemantapan pembangunan ekonomi maritim dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Natuna yang unggul dan sejahtera,” sebut Bupati Wan Siswandi.

Bupati berharap, melalui Musrenbang, pemerintah dapat merumuskan arah pembangunan secara tepat sasaran sesuai skala prioritas yang diusulkan mulai dari tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. Sebab selama ini tentunya masih banyak usulan pembangunan baik infrastruktur maupun peningkatan SDM dan ekonomi yang belum terkafer oleh pemerintah melalui APBD maupun APBN. Disamping itu, upaya ini sebagai bentuk untuk mewujudkan visi pemerintah Kabupaten Natuna tahun 2021-2026 yakni Kabupaten Natuna sebagai Kabupaten Maritim yang unggul, eksotis, aman dengan kemandirian ekonomi berlandaskan nilai religius dan kultural.

BACA JUGA: Forum Anak Natuna Dikukuhkan, Bupati: Melalui Wadah FAN, Kualitas Anak Natuna Semakin Maju

Wan Siswandi berharap prioritas pembangunan daerah di tahun 2025 fokus pada peningkatan ekonomi dengan mengoptimalkan sumber daya unggulan daerah yang didukung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dan infrastruktur serta tata kelola pemerintah yang berkualitas.

Dalam mewujudkannya, Bupati Siswandi menghimbau dan menegaskan kepada seluruh peserta Musrenbang agar memanfaatkan pertemuan dengan baik, memberikan partisipasi yang positif guna menyempurnakan rancangan RKPD tahun 2025.

Wakil Bupati Rodhial Huda turut menyampaikan sambutan

“Kepada seluruh kepala OPD saya tekankan agar aspirasi dan harapan dari berbagai pihak dapat dihimpun untuk dipertajam sasaran program agar target kinerja sesuai dengan visi dan misi dan isu strategis. Terlebih juga agar usulan Musrenbang Desa/Kelurahan dan pokok-pokok pikiran DPRD yang telah disepakati dapat di Akomodir, melakukan evaluasi atas pelaksanaan program yang telah dilaksanakan dan kepada tim anggaran dapat melakukan evaluasi dengan cermat dalam pengalokasian anggaran,” tutupnya.

Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Natuna, Moestafa Albakry, mengatakan, Musrenbang dilaksanakan dalam rangka mempertajam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Menurutnya, Musrenbang wajib dilaksanakan dengan berpedoman pada peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana

Pembangunan Jangka Panjang Daerah dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, serta tata cara perubahan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah. Adapun maksud penyelenggaran Musrenbang tahun 2024 untuk mendapatkan masukan dari berbagai stakeholder guna menyempurnakan Rancangan RKPD Natuna tahun 2025.

“Sedangkan tujuannya adalah untuk membahas Rancangan RKPD tahun 2025 dalam rangka menyepakati prioritas pembangunan daerah, menyepakati program, kegiatan, sub kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi, penyelarasan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi, klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan,” jelas Moestafa.

Moestafa berharap melalui kegiatan Musrenbang dapat melahirkan instrumen prioritas untuk menghasilkan struktur program solutif terhadap persoalan dihadapi saat ini, di antaranya masalah kemiskinan, pengangguran, pelayanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur, peningkatan layanan publik dan peningkatan pertumbuhan ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Natuna Tahun 2025. (*)

Reporter: Sholeh Ariyanto

 

Baca Juga

Bermodal Nomor Rekening, Uang Nasabah BRI Lesap Belasan Miliar

batampos – Hanya bermodal nomor rekening, tabungan nasabah BRI...

Petrus Bunuh Teman Kencan, Kuasa Hukum Nilai Terdakwa Tak Terbukti Lakukan Pembunuhan Berencana

batampos – Petrus Antoni Halawa, terdakwa pembunuhan Sun Pen...

Stanley: Kami Bekerja Maksimal Membangun Kepri dan Apindo

batampos – Pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia...

Tiga Bulan Pertama, PSDKP Batam Tangani Dua Kapal Ikan Asing Ilegal Fishing

batampos – Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan...

UPDATE

Gelper King Zone Beroperasi di Ruko Golden City Bengkong

batampos-Arena gelanggang permainan (gelper) di Batam semakin menyebar luas....

Bermodal Nomor Rekening, Uang Nasabah BRI Lesap Belasan Miliar

batampos – Hanya bermodal nomor rekening, tabungan nasabah BRI...

Petrus Bunuh Teman Kencan, Kuasa Hukum Nilai Terdakwa Tak Terbukti Lakukan Pembunuhan Berencana

batampos – Petrus Antoni Halawa, terdakwa pembunuhan Sun Pen...

Stanley: Kami Bekerja Maksimal Membangun Kepri dan Apindo

batampos – Pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Asosiasi Pengusaha Indonesia...

Tiga Bulan Pertama, PSDKP Batam Tangani Dua Kapal Ikan Asing Ilegal Fishing

batampos – Pangkalan Pengawas Sumber Daya Kelautan dan Perikanan...